Laporan Kegiatan Harian Prakerin 2017

Senin, 06 Februari 2017

NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol, sebuah protocol untuk meng-sinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mensinkron-kan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.

NTP Server ini sangat bermanfaat sekali apabila kalian mengelola jaringan yang sangat ketat sekali dalam urusan waktu. Misalnya ketika seluruh pegawai di kantor kalian, kalian perintah untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk email yang harus dikirimkan ke email server kantor sebelum batas waktu jam 12 siang. Lewat dari itu, email akan di reject secara otomatis oleh sistem. Nah apa jadinya bila ternyata waktu yang terdapat di komputer server berbeda dengan waktu yang terdapat di komputer-komputer pegawai kalian? Salah-salah ketika pegawai kalian mengira waktu masih tersisa 5 menit lagi, ternyata jam yang terdapat di komputer server sudah menunjukkan pukul 12. Untuk hal-hal seperti ini lah NTP Server diperlukan, agar waktu/jam antara komputer satu dengan yang lainnya yang ada didalam suatu jaringan dapat sinkron atau sama.


Berikut langkahnya:

1. Install ntp dengan perintah #apt-get install ntp ntpdate


 2. konfigurasi file di “/etc/ntp.conf” ,dengan perintah #nano /etc/ntp/ntp.conf
3. Kemudian anda cari baris server 0 ,dengan cara ctrl+w ,


4. Tambahkan kalimat seperti gambar berikut. 


 5. Lalu anda cari baris restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust


 6. Lalu hilangkan tanda # pagar nya kemudian ubah menjadi restrict 192.168.24.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap seperti gambar dibawah ini. 


 7. Setelah itu anda restart service ntp, dengan perintah #service ntp restart


 8. Kemudian anda cek ntp-server local apakah sudah bekerja dengan baik atau belum, dengan perintah #ntpq -p . Jika pada bagian jitter tidak bernilai 0.001, berarti sudah benar, dan jika belum, periksa kembali file ntp.conf.


 9. Lalu anda coba dengan mengetes terlebih dahulu melalui server debian langsung dengan perintah, #ntpdate -u 127.0.0.1


 10. Lalu anda coba dengan menggunakan windows seperti gambar dibawah. dengan men-klik bagian jam pada windows xp beberapa kali akan mencul penganturan seperti gambar diatas


Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat :)
16.43   Posted by Muhammad Akmal Shaufi in , with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search